Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Minat Beli Tamu Di Harris Hotel Kuta Bali Pada Masa Pademi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.52352/jah.v1i1.977Abstract
Pada saat ini, hotel – hotel bersaing secara ketat untuk meningkatkan minat beli tamu untuk mendapatkan pemasukan di masa pandemi Covid-19, salah satu faktor yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat beli tamu yaitu bagaimana hotel melakukan penetapan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan harga terhadap minat beli tamu di HARRIS Hotel & Residences Riverview Kuta Bali pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang yang menjadi sampel dengan kriteria yang belum pernah menginap dan merupakan pengikut aktif sosial media Instagram dari HARRIS Hotel & Residences Riverview Kuta Bali. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari penetapan harga terhadap minat beli. Dilihat dari hasil uji koefisien determinasi menunjukkan 51,7% variasi variabel minat beli dapat dipengaruhi oleh variabel independen penetapan harga (X), sedangkan sisanya 48,3% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain diluar model penelitian. HARRIS Hotel & Residences Riverview Kuta Bali harus membuat kebijakan yang tepat dalam menetapkan harga, membuat suatu inovasi baru, dan diharapkan peneliti lain dengan penelitian yang sejenis dapat meneliti variabel lain seperti produk, promosi, dan lokasi yang dapat mempengaruhi minat beli tamu di suatu hotel.