Analisis Efektivitas Penagihan Piutang Pada Masa Pandemi Covid-19 di Tl Resort

Authors

  • Ni Kadek Dyah Pradnya Suari Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti, Politeknik Pariwisata Bali
  • Titien Damayanti Program Studi Magister Terapan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Bali
  • Ni Ketut Mareni a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Politeknik Pariwisata Bali";}

DOI:

https://doi.org/10.52352/jah.v1i1.979

Keywords:

efektivitas, penagihan piutang, account receivable turn over, average collection period

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penagihan piutang pada masa pandemi covid-19 di TL Resort Bali. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah efektivitas penagihan piutang pada masa pandemi covid-19 di TL Resort Bali? Penjualan kredit berdampak besar pada penerimaan hotel dalam kondisi pandemic covid-19. Kebijakan kredit yang diterapkan masih tetap sama dengan sebelum terjadi covid-19.  Travel agent menunggak hingga 248 hari dengan tingkat perputaran piutang 2 kali pada tahun 2021, dan 3 kali tahun 2020, dan 7 kali tahun 2019. Penagihan piutang tidak sesuai standar yang ditetapkan yaitu 12 kali setahun, sehingga menunjukkan kurang efektifnya proses penagihan piutang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data primer dan sekunder yang digunakan periode tahun 2019 - 2021. Data kualitatif dan kuantitatif diperoleh dengan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan konsep penagihan piutang, account receivable turn over, average collection period dan chi square.

Hasil penelitian ini menunjukkan tidak efektifnya penagihan piutang. Adanya penyimpangan kebijakan kredit yang ditetapkan periode 2019 – 2021, tingkat perputaran piutang 12 kali, dan hari rata-rata pengumpulan piutang 30 hari.  Penagihan piutang kepada travel agent oleh bagian account receivable di TL Resort tidak berlangsung efektif. Pihak manajemen TL Resort harus meningkatkan dalam penagihan piutang agar berjalan dengan baik.

Published

2022-11-25

How to Cite

Suari, N. K. D. P. ., Damayanti , T. ., & Mareni, N. K. (2022). Analisis Efektivitas Penagihan Piutang Pada Masa Pandemi Covid-19 di Tl Resort. Journal of Accounting and Hospitality, 1(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jah.v1i1.979