Analisis Efektivitas Pengendalian Internal Pengadaan Bahan Makanan Terhadap Tingginya Food Cost di Hotel “X”

Authors

  • Putu Febri Berliana Irawan Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti, Politeknik Pariwisata Bali
  • Titien Damayanti Politeknik Pariwisata Bali
  • Christina Susanti Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti, Politeknik Pariwisata Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jah.v1i1.980

Keywords:

efektivitas, pengendalian internal, pengadaan bahan makanan, food cost

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengendalian internal pengadaan bahan makanan atas tingginya food cost di Hotel "X" Canggu Bali.  Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana efektivitias pengendalian internal pengadaan bahan makanan di Hotel "X" Canggu Bali periode Januari – Desember 2021?. Tingginya persentase food cost karena pengendalian internal pengadaan bahan makanan belum berjalan efektif dari masing masing bagian dalam proses pengadaan bahan makanan.

Penelitian studi kasus ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data periode Januari – Desember 2021 menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis efektivitas pengendalian internal dalam proses pengadaan bahan makanan dimulai dari pembelian, penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran bahan menggunakan konsep efektivitas, pengendalian internal, pengadaan bahan makanan dan harga pokok makanan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pengendalian pengadaan bahan makanan di Hotel "X" Canggu Bali berjalan tidak efektif, karena masih ada beberapa kelemahan pada beberapa seksi dikarenakan bagian pembelian disaat melakukan pembelian bahan makanan tidak berpedoman pada standard purchase specification dan hanya berdasarkan loyalitas supplier. Bagian penerimaan, cenderung terlalu percaya kepada supplier mengenai kuantitas bahan makanan. Sedangkan bagian penyimpanan, tidak disiplin melakukan pengecekan suhu temperatur refrigerator, dan menerapkan metode FIFO. Untuk bagian pengeluaran, tidak dilaksanakannya pencatatan dalam proses pengeluaran bahan makanan melainkan hanya berdasarkan persetujuan executife chef.

Published

2022-11-25

How to Cite

Irawan, P. F. B. ., Damayanti, T. ., & Susanti, C. . (2022). Analisis Efektivitas Pengendalian Internal Pengadaan Bahan Makanan Terhadap Tingginya Food Cost di Hotel “X” . Journal of Accounting and Hospitality, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.52352/jah.v1i1.980