Optimasi Marketing Mix Method untuk meningkatkan pangsa pasar Wedding Organizer di Bali: Studi kasus Esmeralda Wedding Planner and Organizer Bali

Authors

  • Putu Surya Laksana Rahjasa Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Jurusan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Bali
  • I Gede Ngurah Primanda S Rahadiarta Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Jurusan Pariwisata, Politeknik Pariwisata Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jastd.v1i2.1317

Keywords:

marketing mix, wedding planner and organizer, sales level

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4 P (Product, Price, Place, Promotion) terhadap Tingkat Penjualan di perusahaan Esmeralda Wedding Planner and Organizer. Penelitian menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh, yaitu 30 responden yang merupakan pasangan yang telah menggunakan jasa penyelenggaraan pernikahan dari Esmeralda Wedding Planner and Organizer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan uji validitas, reliabilitas, Uji Normalitas, dan Uji Regresi Berganda dengan bantuan program SPSS. Diperoleh hasil uji variabel Product, Price, Place dan Promotion dalam menjelaskan Tingkat Penjualan adalah sebesar 78,2%. Hasil Uji Hipotesis pada penelitian ini juga memberikan kesimpulan bahwa variabel Product, Price, dan Promotion berpengaruh baik terhadap tingkat penjualan, sementara variabel Place masih belum berpengaruh baik terhadap tingkat penjualan. Hasil ini yang kemudian dapat menjadi pertimbangan perusahaan Esmeralda Wedding Planner and Organizer untuk menentukan strategi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan pada masa yang akan datang.

Published

2023-10-31

How to Cite

Rahjasa, P. S. L., & Rahadiarta, I. G. N. P. S. . (2023). Optimasi Marketing Mix Method untuk meningkatkan pangsa pasar Wedding Organizer di Bali: Studi kasus Esmeralda Wedding Planner and Organizer Bali. Journal of Applied Science in Tourism Destination, 1(2), 127–141. https://doi.org/10.52352/jastd.v1i2.1317

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.