PENGARUH BUDAYA TIM PADA HUBUNGAN ANTARA BERBAGI PENGETAHUAN DAN KINERJA INOVASI PELAYANAN PADA INDUSTRI PERHOTELAN DI BALI

Authors

  • I Putu Esa Widaharthana Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Ida Ayu Putri Widawati Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Ni luh Riska Yusmarisa Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v4i1.121

Keywords:

Kinerja inovasi pelayanan, budaya tim dan perilaku berbagi pengetahuan.

Abstract

Persaingan yang semakin kompetitif dan ketat di industri perhotelan telah mendorong mereka untuk senantiasa berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya. Penelitian ini menguji pengaruh berbagi pengetahuan terhadap kinerja inovasipelayanan, pengaruh budaya tim terhadap kinerja inovasi pelayanan dan pengaruh budaya tim sebagai variabel yang memoderasi pengaruh berbagi pengetahuan terhadap kinerja inovasi pelayanan pada Bagus Discovery Group di Propinsi Bali. Populasi dalam penelitian ini 500 karyawan Bagus Discovery Group dengan jumlah sampel 100 responden.
Berdasarkan pengujian statistik menunjukkan hahwa Perusahaan pada Bagus Discovery Group di Bali dalam meningkatkan kinerja inovasi pelayanannya dipengaruhi oleh perilaku berbagi pengetahuan, dan budaya tim. Sedangkan budaya tim tidak mampu memoderasi hubungan perilaku berbagi pengetahuan dengan kinerja inovasi pelayanan.

Downloads

Published

2015-09-15