MODEL PEMAGANGAN MAHASISWA MANAJEMEN DIVISI KAMAR SEKOLAH TINGGI PARIWISATA NUSA DUA BALI

Authors

  • I Gede Darmawijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v4i1.122

Keywords:

kompetensi lulusan, persepsi, model pemagangan

Abstract

Pemagangan merupakan tahapan penting dalam program pendidikan di lembaga pendidikan tinggi vokasi. Untuk dapat mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam proses pemagangan, maka perlu dievaluasi model pemagangan yang sudah ada untuk dapat menetapkan model yang paling relevan dengan tuntutan KKNI dan kebutuhan industri terhadap mutu lulusan. Temuan penelitian ini adalah 1) persepsi mahasiswa, dosen, pengguna, dan alumni terhadap program pemagangan mahasiswa MDK STPNB kurang komprehensif 2) Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah model pemagangan mahasiswa MDK STPNB di bagi dalam 12 tahapan. Penelitian lanjutan diperlukan untuk membuat indikator unjuk kerja dan instrumen pemagangan yang sesuai dengan kebutuhan semua pemangku kepentingan.

Downloads

Published

2015-09-15