PERILAKU SEGMEN PASAR ONLINE DALAM MEMBUAT PEMESANAN KAMAR HOTEL

Authors

  • I Gusti Putu Ngurah Budiasa Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Putu Diah Sastri Pitanatri Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v4i1.123

Keywords:

segmen pasar online, perilaku konsumen

Abstract

Penggunaan internet dalam pemasaran hotel adalah merupakan tindakan yang tepat dalam rangka memberikan tanggapan terhadap persaingan global dan dinamisnya perkembangan pasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil, sikap dan perilaku segmen pasar online terhadap pemesanan kamar hotel. Ditemukan bahwa segmen pasar online didominasi oleh tamu yang berasal dari Australia, Eropa, Amerika dan Asia, dari kelompok umur 20 - 50 tahun, dari semua profesi. Perilaku segmen pasar online dalam membuat pemesanan kamar dan responhya setelah melakukan pemesanan kamar sebagai berikut: 80% memesan kamar hotel melalui website OTA dan 20% memesan melalui website hotel, 67% menentukan kebutuhan kamar hotel kurang dari 3 bulan sebelum berlibur, mencari informasi melalui teman (33%), dari hotel website dan OTA masing-masing 30%, 75% memesan kamar hotel setelah mengecek customer reviews, 90% memesan kembali jika puas terhadap kualitas produk dan pelayanan hotel.

Downloads

Published

2015-09-15