PREFERENSI WISATAWAN JEPANG TERHADAP PRODUK KAMAR HOTEL DI BALI

Authors

  • I Gede Darmawijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Indah Kusumarini Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v2i1.144

Keywords:

kamar tamu hotel, tingkatan produk hospitaliti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi wisatwan Jepang terhadap produk kamar hotel. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel yang diberikan kuesioner yang berfokus pada empat tingkatan produk hospitality yaitu: produk inti, produk mendukung, produk facilitating dan produk augmented. Temuan penelitian ini adalah wisatawan Jepang lebih memilih tempat tidur twin dan double; kamar mandi dengan bak mandi dan pancuran; perlengkapan mandi lengkap termasuk handuk Jepang; sekali MUR setiap hari danfull TDS; c'heck in dan fleksibel tanpa biaya tambahan; ada layanan butler 24 jam; koneksi internet dan NHK TV; ada cinderamata saat TDS; pelayanan MUR dan TDS lebih awal; suasana kamar cerah, putih, bersih, dengan aroma relaks; pemandangan kamar menghadap kolam renang, laut dan pantai; pelayanan yang ramah dan tulus; pramugraha dapat berbahasa Jepang; ada direktori layanan dalam bahasa Jepang; ada pelayanan permintaan tamu 24 jam; dan lena diganti setiap hari.

Downloads

Published

2013-06-19