FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA TURN OVER PADA KARYAWAN USAHA JASA AKOMODASI

Authors

  • Ni luh Ketut Sulistyawati Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v2i1.147

Keywords:

sumber daya manusia, perputaran karyawan, seksi pelayanan tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perputaran karyawan berdasarkan pada teori yang dipaparkan oleh Peterson Kelly dalam Simamora (1995:90) yang terdiri dari faktor kompensasi, hubungan dengan atasan, hubungan dengan rekan sekerja, promosi pekerjaan, pekerjaan itu sendiri, dan kondisi kerja di perusahaan. Untuk mengetahui faktor penyabab terjadinya perputaran karyawan, kuesioner disebaran kepada 13 responden yang terdiri dari 9 responden dari karyawan Seksi Guest Service yang masih aktif bekerja dan 4 responden dari karyawan yang telah berhenti bekerja. Koesioner yang disebarkan berisikan 27 butir pernyataan bersasarkan pada 6 fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya perputaran karyawan pada Seksi Guest Service disebabkan kerena ketidakpuasan karyawan terhadap faktor kompensasi, pekerjaan itu sendiri, kondisi kerja di perusahaan, dan promosi pekerjaan.

Downloads

Published

2013-06-19