PENILAIAN KARYAWAN TERHADAP PELAKSANAAN PELATIHAN BAHASA INGGRIS DI HOTEL AYODYA, NUSA DUA BALI

Authors

  • Ni Putu Oka Agustini Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v2i1.149

Keywords:

pelatihan, karyawan, efektifitas

Abstract

Pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam dunia perhotelan yang dapat meningkatkan atau menurunkan citra hotel dalam usaha memperoleh keuntungan. Untuk meningkatkan hal tersebut maka sangat penting dilaksanakan pelatihan. Meskipun pelatihan telah dilaksanakan, masih ada kesalahan yang terjadi dalam komunikasi antara karyawan dan tamu. Berdasarkan wawancara 50% karyawan belum mampu berbahasa Inggris dengan baik. Keluhan dari tamu sering terjadi. Kegagalan komunikasi berarti kegagalan dalam memenuhi keperluan, keinginan tamu, dan berujung pada kegagalan untuk memberikan kepuasan tamu. Ini disebabkan adanya kelemahan program pelatihan yang diberikan. Untuk mengetahui komponen hasil pelatihan bahasa Inggris karyawan pada hotel Ayodya maka penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah teori Hadari (2005:218). Teori ini akan dikombinasikan dengan teori Irawan (2000: 103 - 104), Manullang (2006:75), dan Simamora (2004:288). Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan kuisioner, ternyata pelatihan bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh manajemen Ayodya Resort Bali, belum optimal.

Downloads

Published

2013-06-19