KOMPONEN PELATIHAN KERJA YANG BELUM EFFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PRAMUSAJI RESTORAN
DOI:
https://doi.org/10.52352/jbh.v1i1.158Keywords:
pelatihan kerja, kualitas pelayanan, sumber daya manusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara umum beberapa komponen komponen yang menyebabkan hasil pelatihan kerja yang telah dilaksanakan untuk Pramusaji di Restaurant "X" belum efektif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data laporan departemen Human Resource Development pada sebuah restoran Restaurant "X" yang terletak di Hotel "X". Berdasarkan data tersebut dan wawancara secara mendalam dari manajemer restoran dan departemen HRD peneliti dapat mengetahui secara umum komponen-komponen yang menyebabkan hasil pelatihan kerja yang telah dilaksanakan untuk pramusaji di restaurant tersebut belum efektif adalah: kemampuan instruktur, materi pelatihan yang belum sesuai, jadwal pelatihan kurang tepat, jarang dilakukan penilaian pelatihan.