PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris di Hotel Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport)

Authors

  • I Putu Esa Widaharthana Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Dewa Ayu Diah Oka Wiyanti Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v8i1.371

Keywords:

stres kerja, kepuasan kerja, kecerdasan emosional

Abstract

Penelitian ini menguji Pengaruh Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja dengan Kecerdasan Emosional sebagai variable moderating, studi empiris di Hotel Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran moderasi dari variabel kecerdasan emosional terhadap pengaruh stres kerja dengan kepuasan kerja. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada karyawan yang berada di level staff dan supervisor di Hotel Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport. Terdapat total 90 kuesioner yang disebarkan kepada responden penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berjenjang. Penelitian ini menemukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan yang disebabkan oleh stres kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 27,1% dengan sisanya merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Juga ditemukan bahwa terdapat peran moderasi dari variabel kecerdasan emosional yang dapat memperlemah pengaruh yang ditimbulkan oleh stres kerja terhadap kepuasan kerja yang didukung dari hasil nilai t hitung = -3,003 < t tabel (0.05, 89) = -1,99.

Downloads

Published

2019-09-18