MENDULANG PELUANG: OPTIMALISASI PASAR CINA MELALUI NEW WAVE MARKETING DI NOVOTEL BALI BENOA

Authors

  • Ade Roy Renaldo Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Putu Diah Sastri Pitanatri Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v7i1.50

Keywords:

pasar cina, new wave marketing, SOAR

Abstract

Bertumbuhnya tingkat kunjungan wisatawan Cina ke Bali menjadi peluang tersediri bagi NBB.Di tengah ketatnya persaingan harga akomodasi di Bali saat ini, pasar Cina memnag seksi untuk dimaksimalkan potensinya. Tidak dapat dipungkiri, sebagai bagian dari emerging economies and developing countries, Cina telah menjelma menjadid raksasa baru Asia yang eksistensinya menjadi peluang bagi banyak negara. Dalam perspektif industri kepariwsataan, pasar Cina menjadi pangsa pasar besar yang tidak dapat dipandang sebelah mata.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk menyasar pasar Cina melalui konsep new wave marketing. Penelitian ini menggunakan analisis data dari salah satu komponen new wave marketing yaitu new wave strategy yang memiliki unsur 3C yaitu comunitization, confirmation dan clarification yang di integrasikan bersama dengan analisis SOAR (Strength,Opportunity, Aspirations Results) oleh Coopperider, yang tujuannya untuk merumuskan beberapa strategi yang dapat dipilih oleh NBB dalam strategi pemasarannya. Hasil penelitian ini diketahui bahwa unsur 3C yang di integrasikan dengan analisis SOAR dapat memberikan beberapa strategi yang dapat dipilih oleh NBB, adapun strategi yang dipilih manajemen oleh NBB untuk mengembangkan tingkat pendapatan dan hunian kamar pasar Cina ialah strategi OA (opportunity and aspirations) dan SR (strength and results).

Downloads

Published

2018-09-10