PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP WISATAWAN NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.52352/jbh.v7i1.51Keywords:
harga, kualitas layanan, keputusan menginap, hotelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap keputusan menginap wisatawan nusantara di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang sedang menginap di Nusa Dua Beach Hotel & Spa pada periode Mei 2018 – Juni 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menginap wisatawan nusantara di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menginap wisatawan nusantara di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Kondisi tersebut ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi masing-masing variabel bebas tersebut kurang dari á=0,05 (5%). Pada pengujian dua variabel bebas yaitu harga dan kualitas layanan secara simultan (bersamasama) menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap satu variabel terikat yaitu keputusan menginap wisatawan nusantara di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 58,6%.