PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KINERJA PEMAGANGAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA NUSA DUA BALI

Authors

  • I Gede Darmawijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jbh.v7i1.53

Keywords:

persepsi, kinerja, kompetensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan yang paling penting dipersyaratkan pengguna dan yang paling kurang memenuhi persyaratan pengguna dan peringkat kinerja pemagangan mahasiswa STPNB dibandingkan mahasiswa lain. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan angket dan wawancara dalam pengumpulan datanya dari delapan hotel yang tersebar di Kuta Selatan dan Kuta. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan yang paling penting dipersyaratkan oleh pengguna
adalah soft skills dan Bahasa Inggris. Sedangkan keterampilan yang kurang memenuhi syarat dalam proses seleksi adalah Bahasa Inggris, kepercayaan diri dan penampilan. Dalam proses pemagangan keperampilan yang paling kurang yang dipersyaratkan adalah Bahasa Inggris, komunikasi, dan keterampilan inter-personal. Ini menunjukkan bahwa Bahasa Inggris dan soft skill masih menjadi kelemahan utama mahasiswa pemagangan STPNB. STPNB agar mendesain program untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal tersebut. Kualitas kerjasama STPNB dengan pengguna/hotel perlu ditingkatkan dalam hal desain rencana pemagangan, periode pemagangan, monitoring dan evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan.

Downloads

Published

2018-09-10