PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN F&B SERVICE DEPARTMENT DI INTERCONTINENTAL BALI RESORT
DOI:
https://doi.org/10.52352/jhm.v2i1.1597Keywords:
Workload, Employee Performance, F&B Service DepartmentAbstract
Persaingan ketat dalam industri perhotelan menuntut kualitas layanan yang tinggi, dengan
kinerja karyawan sebagai faktor penting yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan F&B service
department di InterContinental Bali Resort. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan
jenis data kuantitatif dan menggunakan seluruh populasinya yaitu sebanyak 82 orang
karyawan yang aktif bekerja sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji koefisien
determinasi, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel beban kerja
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai thitung > ttabel
yaitu 9,721 > 1,664. Beban kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, dengan
nilai beta sebesar 0,676. Pada kategori sedang, beban kerja memberikan pengaruh sebesar
54,2% terhadap kinerja pegawai, sedangkan sisanya sebesar 45,8% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.