THE IMPLEMENTATION OF ROLE PLAY METHOD IN IMPROVING STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL ON TOUR COMMENTARIES’
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v15i2.201Keywords:
bermain peran, berbicara, ketrampilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan : (1) Seberapa Siknifikan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa akademi Pariwisata setelah belajar melalui bermain peran.; dan (2) Minat mahasiswa Akademi Pariwisata dalam belajar bahasa Inggris melalui bermain peran untuk mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris pada komentar – komentar wisata. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi eksperimental. Sampel penelitian diseleksi dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data pretest dan post-test dianalisa dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dengan uji t-test dan ANOVA (Analysis of Variance) data yang diperoleh melalui kuesioner danalisa dengan menggunakan skala Likert.Hasil Penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang siknifikan pada capaina ketrampilan berbahasa yang di peroleh dalam dalam pre-test dan post test. Mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode bermain peran, menunjukan pencapaian yang siknifikan dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar dengan metode konvensional. Mahasiswa menjadi lebih aktif karena tidak hanya ketrampilan berbahasa inggris yang dipelajari, tetapi juga ketrampilan dalam pemanduan wisata.