Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Nusantara Ke Kebon Vintage Cars Museum Bali

Authors

  • Anak Agung Istri Arikania Kusuma Program Studi Destinasi Pariwisata, Jurusan Kepariwisataan, Politeknik Pariwisata Bali
  • Ni Made Eka Mahadewi Program Studi Destinasi Pariwisata, Jurusan Kepariwisataan, Politeknik Pariwisata Bali
  • Ida Bagus Gede Agung Widana Politeknik Pariwisata Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jastd.v1i2.1323

Keywords:

pengaruh, media sosial instagram, museum, niat berkunjung kembali

Abstract

Salah satu digital tourism yang sedang gencar digunakan sebagai media informasi adalah media sosial Instagram. Penggunaan media sosial tersebut digunakan untuk menyebarkan foto, video, teks dan lainnya untuk memenuhi kebutuhan informasi. Kebon Vintage Cars Museum Bali merupakan satu-satunya museum yang memiliki koleksi 150 mobil kuno yang antik dan klasik dari tahun 1917 hingga tahun 1990-an dengan berbagai merk dan tipe. Namun pada tahun 2022 terjadi penurunan wisatawan sejumlah 16.49%, hal ini menjadi tolak ukur pihak manajemen untuk gencar mempromosikan Kebon Vintage Cars Museum Bali melalui media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial Instagram terhadap niat berkunjung kembali wisatawan nusantara ke Kebon Vintage Cars Museum Bali dan berdasarkan gender laki-laki serta perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner melalui direct messsage dan insta-story Instagram. Total sampel pada penelitian ini yaitu 140 responden.  Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel media sosial Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel niat berkunjung kembali. Media sosial Instagram memberikan pengaruh sebesar 20,3% terhadap niat berkunjung kembali wisatawan nusantara ke Kebon Vintage Cars Museum Bali dan sisanya sebesar 79,7% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan pada gender laki-laki media sosial Instagram memberikan pengaruh sebesar 27,4% dan 15,7% pada gender perempuan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan nusantara ke Kebon Vintage Cars Museum Bali.

Published

2023-10-31

How to Cite

Kusuma, A. A. I. A. ., Mahadewi, N. M. E. ., & Widana, I. B. G. A. (2023). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Nusantara Ke Kebon Vintage Cars Museum Bali . Journal of Applied Science in Tourism Destination, 1(2), 142–153. https://doi.org/10.52352/jastd.v1i2.1323

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.