PENGARUH PRODUCT DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WEDDING PACKAGE DI THE SAMAYA SEMINYAK BALI
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v18i1.362Keywords:
wedding package, product, price, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product dan price terhadap keputusan pembelian wedding package di The Samaya Seminyak Bali. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantiatif melalui pendekatan statistik dengan penyebaran kuesioner dan dianalisis dengan regresi linier berganda, uji asumsi klasik regresi, uji signifikansi parameter individual (Uji t), uji signifikansi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi R². Jumlah sampel yang diambil sebagai responden adalah sebanyak 80 orang yang terdiri dari klien bride/groom yang pernah membeli wedding
package di The Samaya Seminyak dari tahun 2016 hingga 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari product dan price secara parsial terhadap keputusan pembelian. Secara simultan terlihat adanya pengaruh yang signifikan dari product dan price terhadap keputusan pembelian. Dari hasil tersebut diketahui bahwa product dan price diperoleh hasil besarnya pengaruh variabel independen (X1 dan X2) terhadap variabel dependen (Y) yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi adalah sebesar 42%, sedangkan selebihnya yaitu 58% dipengaruhi faktor-faktor
lain yang tidak diteliti.