MOTIVASI WISATAWAN MANCANEGARA BERWISATA KE UBUD, KABUPATEN GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v18i1.366Keywords:
motivasi wisatawan, wisatawan mancanegara, destinasi pariwisataAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi utama wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kelurahan Ubud. Faktor-faktor motivasi wisatawan yang diteliti dalam penelitian meliputi motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi sosial, dan motivasi fantasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif-kuantitatif dengan teknik analisis faktor konfirmatori dengan bantuan program software IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari keempat faktor motivasi wisatawan yang diteliti, masing-masing faktor motivasi memiliki motivasi yang mendominasi wisatawan untuk berkunjung ke Kelurahan Ubud. Motivasi fisik yang mendominasi adalah ‘beristirahat dan rileks’ dengan nilai communalities tertinggi sebesar 0,872. Motivasi budaya yang mendominasi adalah ‘bertemu dengan masyarakat lokal’ dengan nilai communalities tertinggi sebesar 0,804. Motivasi sosial yang mendominasi adalah ‘bersama dengan seseorang yang memiliki ketertarikan akan sesuatu yang sama’ dengan nilai communalities tertinggi sebesar 0,914. Motivasi fantasi yang mendominasi adalah ‘mewujudkan perjalanan wisata impian’ dengan nilai communalities tertinggi sebesar 0,856