PENILAIAN WISATAWAN JEPANG TERHADAP PRAMUWISATA JEPANG DI BALI

Authors

  • Lukia Zuraida Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  • Indah Kusumarini Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jpar.v13i2.219

Keywords:

pelayanan guide jepang, analisis faktor

Abstract

Memmmnya kunjunga11 wisatawan Jepang ke Bali dalam 3 tahun terakhir menunjukkan bahwa harus ada yang dibenahi bersama untuk menarik minat wisatawan Jepang ke Bali. Pramuwisata atau guide mempimyai peran yang sangat penting dalam melakukan pelayanan kepada tamu Jepang. Sehingga perlu. dilakukan studi tentang penilaian wisatawan Jepang terhadap pelayanan pramuwisata Jepang di Bali. Untuk menilai kualitas pelayanan dilakukan dengan menggunakan Analisis Faktor Eksploratori yaitu meringkas variabel-variabel menjadi satu kelonipok variabel baru./faktor: Variabel Penelitian berdasarkan pada Lima dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh f arasuraman-Zeithaml­Berry, yaitu faktor bukJi langsung (tangible), keandalan ( reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (ernpathy). Karakter responden dibedakan menurut jenis kelamin, usia, pekerjaan, lama tinggal, tujuan ke Bali. Dari hasil analis faktor diketahui bahwa dimensi "empathy" mendapat penilaian tertinggi dari wisatawan Jepang. Urutan kedua adalah dimensi" "responsiveness", ke-3 adalah "assurance", ke-4 adalah "reliability" dan ke-5 adalah""tangible".

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-09-15

How to Cite

Zuraida, L., & Kusumarini, I. (2014). PENILAIAN WISATAWAN JEPANG TERHADAP PRAMUWISATA JEPANG DI BALI. Jurnal Kepariwisataan, 13(2), 49–55. https://doi.org/10.52352/jpar.v13i2.219

Most read articles by the same author(s)