ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEGAWAI STP NUSA DUA BALI TERHADAP PAKET PERJALANAN WISATA INSENTIF OUTBOND 2018

Authors

  • M Tanggap Sasmita Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jpar.v18i2.380

Keywords:

tingkat kepuasan, paket wisata, perjalanan insentif

Abstract

Pulau Bali merupakan daerah tujuan wisata yang sering menjadi tempat pelaksanaan paket
perjalanan insentif bagi perusahaan-perusahaan baik di dalam negeri dan luar negeri. Tidak hanya bagi
perusahaan swasta namun juga instansi pemerintahan menjadikan Bali sebagai destinasi perjalanan
insentifnya baik yang hanya berjumlah puluhan peserta maupun hingga ribuan peserta Untuk Tahun
2018, STP Nusa Dua Bali melaksanakan kegiatan perjalanan insentif yang memang rutin setiap
tahunya di Jogjakrata dengan 204 orang peserta, namun dalam pelaksanaannya berdasarkan hasil
wawancara dengan ketua panitia penyelenggara mendapatkan complain diantaraya peserta tidak
mendapatkan tiket keberangkatan, kacaunya prosedur check in, kurangnya kegiatan yang membangun
Team Work, dan jarak penginapan yang cukup jauh. Berdasarkan latar belakang tersebut dengan
menggunakan konsep mencari kepuasan pelanggan oleh Kotler dengan melakukan survey dan dengan
menggunakan konsep paket wisata yang dikemukan Yoeti, penelitian ini mencari kepuasan pelanggan
dari Core Product, Actual Product, dan Augmented Product, dengan 67 orang sebagai sampel, dengan
teknik analisis kuantitatif dari pengumpulan data dengan kuesioner yang telah diberikan skala, maka
didapatkan hasil bahwa pegawai STP Nusa Dua Bali merasa puas terhadap paket wisata perjalanan
insentif Outbond 2018 namun masih cukup puas di indikator konsumsi selama perjalanan yang
kedepanya dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Sasmita, M. T. (2019). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEGAWAI STP NUSA DUA BALI TERHADAP PAKET PERJALANAN WISATA INSENTIF OUTBOND 2018. Jurnal Kepariwisataan, 18(2), 20–26. https://doi.org/10.52352/jpar.v18i2.380