PEMANFAATAN EVENT BAGI PEMASARAN PRODUK KAIN TENUN TRADISIONAL BALI
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v16i1.79Keywords:
pemasaran, event, pelestarian budaya, Kain Tenun TradisionalAbstract
Pariwisata merupakan sektor unggulan perekonomian di Bali, namun tidak demikian halnya dengan sektor industri.Salah satu bentuk hasil sektor industri budaya adalah kain tradisional Bali. Cempaka Butik merupakan salah satu usaha industri di bidang kain tradisional Bali yang telah mengembangkan sektor industri fashion di Bali. Cempaka Butik mengikuti berbagai event untuk memasarkan produk yang dihasilkannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat berbagai event dalam pemasaran produk kain tenun tradisional Bali oleh Cempaka Butik.Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik wawancara, observasi lapangan, serta studi kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah event dapat membangun image, tempat pertemuan langsung dengan pasar dalam jumlah besar dalam periode waktu tertentu, mengetahui tren pasar yang ada, danmembangun awareness. Dengan seringnya event diikuti, dapat pula mendukung pelestarian budaya. Seringnya kain tenun Bali ditunjukan kepada pasar, minat pasar, permintaan, dan kecintaan akan produk budaya semakin meningkat, sehingga produksi dari para pengerajin juga meningkat.