MODEL PEMBELAJARAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS KETERBUKAAN MASALAHUNTUKMENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PATISERI DAN BAKERY BAGI MAHASISWA MTB STP NUSA DUA BALI

Authors

  • Sunar . Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jgi.v6i1.61

Keywords:

pembelajaran penalaran, pemecahan masalah, terbuka dan kompetensi pastry bakery

Abstract

Permasalahan keaktivan siswa dalam belajar pastry/bakery, kemampuan penalaran, dan kemampuan berkomunikasi dalam mengikuti pembelajaran masih kurang, pada akhirnya Kompetensi Pastry/Bakery rendah. Beawal dari permasalahan yang ditemukan, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi penalaran dan komunikasi pastry & bakery siswa STP Bali. Upaya perbaikan adalah dengan diterapkan model pembelajaran penalaran dan pemecahan-masalah-terbuka dalam pembelajaran Pastry & Bakery. Prosesnya adalah 1) rencana tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah seorang dosen dan 60 orang mahasiswa semsester III STP Nusa Dua Bali.Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes, angket, pedoman observasi, dan catatan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1). penerapanpenalaran dan pemecahan masalah terbuka dapat meningkatkan kompetensi penalaran dan komunikasi pastry dan bakery pada mahasiswa. 2). rencana pembelajaran (RP) yang disusun oleh dosen berkualitas sanagat baik dan sesuai dengan konsep KBK. 3). kemampuan dosen mengelola kegiatan pembelajaran berkategori „sangat baik?. 4).aktivitas belajar mahasiswa mengalami peningkatan. 5).dosen dan mahasiswa, memberikan tanggapan positif? terhadap pelaksanaan tindakan menggunakan model pembelajaran penalaran dan pemecahan-masalah-terbuka.

Published

2018-09-11

Issue

Section

Articles