PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP PRODUK WISATA WATERSPORTS DI KAWASAN PANTAI TANJUNG BENOA
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v12i1.227Keywords:
persepsi, wisatawan, produkAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap produk watersports di kawasan pantai Tanjung Benoa, serta untuk mengetahui indikator tingkat kepentingan wisatawan terhadap produk watersports di kawasan pantai Tanjung Benoa yang perlu mendapat perhatian dan prioritas utama demi tercapainya kepuasan wisatawan. Ukuran sampel usaha watersports dalam penelitian ini adalah 7 watersport dengan jumlah responden sebanyak 93 wisatawan. Variabel yang diteliri ada sebanyak 15 indikator yang dikembangkan oleh Cooper et al ( 1998). Analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mengenai persepsi wisatawan terhadap produk watersport di kawasan pantai Tanjun·g Benoa, rata-rata wisatawan merasa puas. Diagram analisis kepentingan kinerja (important peiformance analysis) memperlihatkan bahwa dari 15 indikator yang dinilai oleh wisatawan, secara umum produk watersport di kawasan pantai Tanjung Benoa cukup memuaskan.