PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP DTW JATILUWIH TABANAN, BALI
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v12i1.229Keywords:
DTW Jati Luwih, 4 A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ancillary Service) dan PersepsiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji persepsi wisatawan mancanegara terhadap DTW Jati Luwih, dengan melihat 4 variabel, yakni: Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Ancillary Service/Kelembagaan ( 4A). Melalui penelitian ini akan diketahui aspek-aspek yang baik, yang perlu dipertahankan, dan aspek-aspek yang buruk, yang perlu diperbaiki. Konsep dan teori yang digunakan sebagai acuan antara Lain: konsep pariwisata, wisatawan, daya tarik wisata dan teori persepsi. Untuk memperoleh data, diterapkan teknik studi dokumentasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 100 wisatawan mancanegara sebagai :mmpel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif berdasar skala Likert dan deskriprif kualitatif yang mengacu pada teori persepsi dan Daya Tarik Wisata dengan konsep 4 A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum persepsi wisatawan mancanegara terhadap IJ1W Jati Luwih adalah baik. Akan tetapi, diperlukan perhatian dan tindakan nyata dari semua pemangku kepentingan untuk aspek-aspek yang dipersepsikan kurang baik. Dengan demikian, kunjungan wisatawan ke D1W lati Luwih terus meningkat di masa-masa yang akan datang.