IMPLIKASI MOTIVASI DAN PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TERHADAP PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA (STUDI KASUS : OKA AGROWISATA DI KABUPATEN BANGLI)
DOI:
https://doi.org/10.52352/jpar.v13i2.222Keywords:
motivasi, persepsi wisatawanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecendenmgan baru perilaku wisatawan untuk memperoleh pengalaman wisata yang berkualitas dan lebih menghargai lingkungan (back to nature), yang telah memberi peluang yang besar bagi pengembangan wisata minat khusus seperti agrowisata. Dalam pengembangan Oka agrowisata di Desa Penglumbaran Kabupaten Bangli memerlukan data dasar yang dapat dijadikan dasar pijakan perencanaan produk ke de pan dari perspekrif morivasi dan persepsi wisatawan sebagai konsumen. Hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwa motivasi kunjungan wisatawan mancanegara yg datang ke Oka agrowisata meliputi motivasi budaya, motivasi.fisik, dan motivasi status dan martabat. Wisatawan mancanegara memiliki persepsi yang positif terhadap tujuh aspek daya tarik yang dimiliki oleh Oka agrowisata.Pengembangan Oka agrowisata ke depan harus mengedepankan program pengembangan yang berpihak pada alam, budaya dan masyarakal lokal, sehingga dapat berkelanjutan ( sustainable) dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan keinginan pasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.