LANSKAP PEMASARAN BALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARANNYA

Authors

  • I Made Suradnya Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.52352/jpar.v3i1.11

Keywords:

lanskap pemasaran, rencana pemasaran strategis

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir ini, lanskap pemasaran pariwisata daerah tujuan wisata Bali telah mengalami pergeseran yang cukup signifikan. Hal
ini tidak teilepas dan adanya pengaruh perubahan-perubahaii lingkungan peinasaran, baik pada tingkat internasional maupun di tingkat regional. Untuk tetap dapat mempertahankan posisinya sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama dunia di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat. Bah perlu segera menyusun langkah-langkah strategis di bidang pemasarannya. Strategi penetrasi pasar (market penetration strategy) dapat dipertimbangkan untuk menghadapi berbagai tantangan jangka pendek. sedangkan untuk jangka panjang strategi diversifikasi (diversification strategy) akan merupakan pilihan yang lebih tepat untuk menghadapi adanya kecenderungan pasar wisata dunia yang semakin terfragmentasi. Di sampingnitu. kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi harus dapat dimanfaatkan secara tepat untuk meningkatkan kinerja pemasaran daerah tujuan wisata Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2004-03-16

How to Cite

Suradnya, I. M. (2004). LANSKAP PEMASARAN BALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARANNYA. Jurnal Kepariwisataan, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.52352/jpar.v3i1.11